Minggu, 07 April 2013

uang



A.    PengertianUang

Merupakanalattukar yang diterimaolehsebagianalatpembayaran(means of payment)

B.     FungsiUang

Fungsiasli:

a. Sebagaialattukar
Fungsiinisangatpentingsebabpertukarantanpamenggunakanuangsangatsulitterlaksana. Denganadanyauang, makakesulitan-kesulitan yang timbulkarena barter dapatdiatasi. Pertukarandapatlangsungdilakukanantarabarang-barang yang dinginkandenganuang yang dimiliki.
b. Sebagaialatsatuanhitung
Denganadanyauanguang, makanilaisuatubarangdapatdiukurdandiperbandingkan. Nilaisuatubarangdapatdinyatakandenganharga.Penggunaanuangsebagaialatsatuanhitungakanmemudahkanmasyarakatmenentukannilaisuatubarang.

Fungsiturunan:

a. Sebagaialatpenundaanpembayaran
Transaksi-transaksibarangdanjasaseringkalidilakukandenganpembayarantertunda (kredit). Fungsiinidapatdilakukandenganbaikjikanilaiuangstabil.Nilaiuangdikatakanstabilapabilauang yang dibelanjakanmemperolehbarang yang jumalhdanmutunyasamasetiapsata. Apabilasyarattersebuttidakterpenuhimakafungsiuangsebagaialatpenundaanpembayarantidakdapatterlaksanadengansempurna.
b. Sebagaialatpenimbunkekayaan
Dahulu orang menimbunkekayaandalambentukemas, tanah, rumah, sawahdanhewanpeliharaan ,namunsekarangseseorangdapatmenimbunkekayaandalambentukuang.

C.
Jenis-JenisUang
Jenis-Jenisuang di bagimenjadiduayaitu:
Uangkartal
Uangkartaladalahuang yang digunakansebagaialatpembayarandalamkehidupansehari-hari.Uangkartalberupauanglogamdanuangkertas, matauangnegarakitaadalah Rupiah, uangpertama yang dibuatoleh Indonesia adalahOeangRepublik Indonesia.
Lembaga yang bertugasdanmengawasiperedaranuang rupiah adalah Bank Indonesia, sedangkanperusahaan yang mencetakuang rupiah adalahPerumPeruri (PercetakanUangRepublik Indonesia).

UangGiral
Uanggiraladalahsuratberharga yang dapatdiuangkan di bank ataudikantor pos. Contohuanggiral, cek, giropos, weseldansuratberharga.Uanggiralbiasanyadigunakanuntuktransaksidengannilaiuang yang sangatbesar.
KegunaanuangialahUangdapatdigunakansebagaialatpembayaran, alatpenukar, alatpenentuharga, dandapat pula di tabung.

Sumber :
http://syadiashare.com/pengertian-uang-dan-jenis-jenis-uang.html
endarwismulyani,dkk.detik-detik UANEkonomi,intan pariwara,2009

0 komentar:

Posting Komentar