Konsumen?
Konsumen adalah makhluk sosial yaiti makhluk yang hidup bersama
dengan orang lain, berinteraksi dengan sesamanya. Orang- orang sekeliling
inilah yang disebut sebagai lingkungan sosial konsumen. Konsumen saling
berinteraksi satu sama lain, saling mempengaruhi dalam bentuk perilaku,
kebiyasaan, sikap kepercayaan dan nilai-nilai yang d anggap penting. Salah satu
unsure lingkungan sosial adalah budaya.
Hak- hak konsumen
Sejarah pergerakan hak- hak konsumen mencatat bahwa hak-hak
konsumen secara resmi di kemukakan pertama kali oleh presiden amerika John F.
kennedy di hadapan kongres amerika pada tahun 1962, yang di kenal sebagai consumer’s
bill of right. Hak-hak konsumen menurut John f.kennedy adalah hak untuk
memperoleh keamanan, hak memperoleh informasi, hak untuk di dengar, hak untuk
memilih. Resolusi PBB No. 39/ 248 tahun 1985 mengemukakan beberapa hak
konsumen, yaitu bsebagai berikut.
1.
Perlindungan konsumen dari bahaya-bahaya terhadap kesehatan dan
keamananya
2.
Promosi dan perlindungan kepentingan sosial ekonomi konsumen
3.
Tersediayan informasi yang memadai bagi konsumen untuk memberikan
kemampuan untuk melakukan pilhan yang tepat
4.
Pendidikan konsumen
5.
Tersedianya ganti rugi bagi konsumen
6.
Kebebasan untuk membentuk organisasi konsumen
Fungsi dan startegi mengubah
sikap konsumen
Daniez katz (1960) seperti yang d kutip Mowen dan Minor (1998),
Schiffman dan Kanuk (2000) mengemukakan empat fungsi dari sikap, yaitu
a.
Fungsi utilitarian
Seseorang
menyatakan sikapnya terhadap suatu objek atau produk karena ingin memperoleh
manfaat dari produk tersebut atau menghindari resiko dari produk. Sikap
berfungsi mengarahkan perilaku untuk mendapatkan penguatan positif atau
menghindari resiko. Karena itu sikap berperan seperti operant conditioning.
Manfaat produk bagikonsumenlah yang menyebabkan seseorang menyukai produk
tersebut.
b.
Fungsi mempertahankan ego
Sikap
berfungsi untuk melindungi seseorang dari keraguan yang muncul dari dalam
dirinya sendiri atau factor luar yang munkin menjadi ancaman bagi dirinya.
Sikap tersebut berfungsi untuk meningkatkan rasa aman dari ancaman yang datang
dan menghilangkan keraguan yang ada dalam diri konsumen. Misalkan seorang yang
selalu menggunakan sepatu hak tinggi, karena dia merasa menjadi lebih tinggi
sehingga bisa mengurangi rasa minder dan bisa meningkatkan kepercayaan dirinya.
c.
Fungsi ekpresi nilai
Sikap berfungsi
untuk menyatakan nilai-nilai, gaya hidupdan identitas sosial dari seseorang.
Sikap akan menggambarkan minat, hobi, kegiatan, dan opini dari seorang
konsumen. Ia selalu membeli pakaian di butik dan tidak suka membeli
pakaian di took. Ini adalah gambaran
ekspresi kelas sosial seseorang. Butik selalu di asosiasikan dengan tempat .
Penjualan pakain yang baik dan berkelas.
d.
Fungsi pengetahuan
Keinginan
adalah salah sai karakter konsumen yang penting. Ia selalu ingin tahu tahu
banyak hal, merupakan kebutuhan konsumen. Seringkali konsumen perlu tahu produk
terlebih dahulu sebelum menyukai kemudian mempeli produk tersebut. Pengetahuan
yang baik mengenai suatu produk seringkali mendorong seseorang untuk menyukai
produk tersebut. Karena itu sikap positif terhadap suatu produk seringkali
mencerminkan pengetahuan terhadap suatu
produk. Contohnya mereka menyukai makanan laut karna sudah tau manfaatnya
yang memberikan kesehatan bagi tubuh mereka.
Keempat fungsi sikap tersebut bisa di gunakan oleh pemasaran
sebagai metode untuk mengubah sikap konsumen terhadap produk, jasa atau merek
pemasar yang menggunakan pendekatan fungsi sikap dalam mengubah sikap konsumen
di sebut sebagai pendekatan mengubah fungsi motivasi dasar dari konsumen Konsumen yang sempurna adalah
konsumen yang tidak berpaling kepada yang lain. Konsumen haruslah menjadi
langganan. Bagaimana kita menjadikan konsumen adalah langganan. Berikut ini
adalah beberapa cara untuk membuat orang menjadi langganan :
- Kualitas pelayanan yang bagus
- Kualitas barang yang bagus
- Kualitas layanan purna jual
yang bagus
- Konsumen adalah sahabat
- Hapalkan namanya
- Rumahnya
- Hobinya
- Tanggal lahirnya / tanggal
perkawinannya
- Tanggal lahir anaknya
- Main bersama, atau berteman
diluar jalur kerja yang ada
Yang
patut dibahas adalah point ke 4. Ketika anda sudah memasuki dunia
pertemanan, sudahlah sulit bagi konsumen untuk berpaling kepada orang lain. Hal
yang paling menyentuh ketika kita hapal hari-hari penting mereka, terutama
tanggal lahir, hari pernikahan , bahkan kelahiran anak. Kita memposisikan bukan
sebagai orang lain tetapi sebagai seorang sahabat. Bukan perdagangan dan
keuntungan semata yang akan kita ambil, tetapi adalah pertemanan. Pertemanan
yang berbuah keuntungan tentunya.
Hobi
adalah salah satu jalan untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Misal hobi
koleksi motor, majalah atau makanan. Ajak sekali-kali keluar bersama untuk
menyalurkan hobi secara bersama, ini akan lebih meng akrabkan dan selalu mengingatkan
kalau kita ada. Kita ada dengan profesi kita dan tentunya tidak lupa bahwa
bilamana mereka membutuhkan produk atau barang kita , prioritas selalu menjadi
milik kita.
0 komentar:
Posting Komentar