Minggu, 07 April 2013

KONSUMEN


Konsumen?
Konsumen adalah makhluk sosial yaiti makhluk yang hidup bersama dengan orang lain, berinteraksi dengan sesamanya. Orang- orang sekeliling inilah yang disebut sebagai lingkungan sosial konsumen. Konsumen saling berinteraksi satu sama lain, saling mempengaruhi dalam bentuk perilaku, kebiyasaan, sikap kepercayaan dan nilai-nilai yang d anggap penting. Salah satu unsure lingkungan sosial  adalah budaya.
Hak- hak konsumen
Sejarah pergerakan hak- hak konsumen mencatat bahwa hak-hak konsumen secara resmi di kemukakan pertama kali oleh presiden amerika John F. kennedy di hadapan kongres amerika pada tahun 1962, yang di kenal sebagai consumer’s bill of right. Hak-hak konsumen menurut John f.kennedy adalah hak untuk memperoleh keamanan, hak memperoleh informasi, hak untuk di dengar, hak untuk memilih. Resolusi PBB No. 39/ 248 tahun 1985 mengemukakan beberapa hak konsumen, yaitu bsebagai berikut.
1.      Perlindungan konsumen dari bahaya-bahaya terhadap kesehatan dan keamananya
2.      Promosi dan perlindungan kepentingan sosial ekonomi konsumen
3.      Tersediayan informasi yang memadai bagi konsumen untuk memberikan kemampuan untuk melakukan pilhan yang tepat
4.      Pendidikan konsumen
5.      Tersedianya ganti rugi bagi konsumen
6.      Kebebasan untuk membentuk organisasi konsumen
 Fungsi dan startegi mengubah sikap konsumen
Daniez katz (1960) seperti yang d kutip Mowen dan Minor (1998), Schiffman dan Kanuk (2000) mengemukakan empat fungsi dari sikap, yaitu
a.       Fungsi utilitarian
Seseorang menyatakan sikapnya terhadap suatu objek atau produk karena ingin memperoleh manfaat dari produk tersebut atau menghindari resiko dari produk. Sikap berfungsi mengarahkan perilaku untuk mendapatkan penguatan positif atau menghindari resiko. Karena itu sikap berperan seperti operant conditioning. Manfaat produk bagikonsumenlah yang menyebabkan seseorang menyukai produk tersebut.
b.      Fungsi mempertahankan ego
Sikap berfungsi untuk melindungi seseorang dari keraguan yang muncul dari dalam dirinya sendiri atau factor luar yang munkin menjadi ancaman bagi dirinya. Sikap tersebut berfungsi untuk meningkatkan rasa aman dari ancaman yang datang dan menghilangkan keraguan yang ada dalam diri konsumen. Misalkan seorang yang selalu menggunakan sepatu hak tinggi, karena dia merasa menjadi lebih tinggi sehingga bisa mengurangi rasa minder dan bisa meningkatkan kepercayaan dirinya.
c.       Fungsi ekpresi nilai
Sikap berfungsi untuk menyatakan nilai-nilai, gaya hidupdan identitas sosial dari seseorang. Sikap akan menggambarkan minat, hobi, kegiatan, dan opini dari seorang konsumen. Ia selalu membeli pakaian di butik dan tidak suka membeli pakaian  di took. Ini adalah gambaran ekspresi kelas sosial seseorang. Butik selalu di asosiasikan dengan tempat . Penjualan pakain yang baik dan berkelas.

d.      Fungsi pengetahuan
Keinginan adalah salah sai karakter konsumen yang penting. Ia selalu ingin tahu tahu banyak hal, merupakan kebutuhan konsumen. Seringkali konsumen perlu tahu produk terlebih dahulu sebelum menyukai kemudian mempeli produk tersebut. Pengetahuan yang baik mengenai suatu produk seringkali mendorong seseorang untuk menyukai produk tersebut. Karena itu sikap positif terhadap suatu produk seringkali mencerminkan  pengetahuan terhadap suatu produk. Contohnya mereka menyukai makanan laut karna sudah tau manfaatnya yang  memberikan kesehatan bagi tubuh mereka.
Keempat fungsi sikap tersebut bisa di gunakan oleh pemasaran sebagai metode untuk mengubah sikap konsumen terhadap produk, jasa atau merek pemasar yang menggunakan pendekatan fungsi sikap dalam mengubah sikap konsumen di sebut sebagai pendekatan mengubah fungsi motivasi dasar dari konsumen Konsumen yang sempurna adalah konsumen yang tidak berpaling kepada yang lain. Konsumen haruslah menjadi langganan. Bagaimana kita menjadikan konsumen adalah langganan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat orang menjadi langganan :
  1. Kualitas pelayanan yang bagus
  2. Kualitas barang yang bagus
  3. Kualitas layanan purna jual yang bagus
  4. Konsumen adalah sahabat
    1. Hapalkan namanya
    2. Rumahnya
    3. Hobinya
    4. Tanggal lahirnya / tanggal perkawinannya
    5. Tanggal lahir anaknya
    6. Main bersama, atau berteman diluar jalur kerja yang ada
Yang patut dibahas adalah point ke 4. Ketika anda sudah memasuki dunia pertemanan, sudahlah sulit bagi konsumen untuk berpaling kepada orang lain. Hal yang paling menyentuh ketika kita hapal hari-hari penting mereka, terutama tanggal lahir, hari pernikahan , bahkan kelahiran anak. Kita memposisikan bukan sebagai orang lain tetapi sebagai seorang sahabat. Bukan perdagangan dan keuntungan semata yang akan kita ambil, tetapi adalah pertemanan. Pertemanan yang berbuah keuntungan tentunya.
Hobi adalah salah satu jalan untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Misal hobi koleksi motor, majalah atau makanan. Ajak sekali-kali keluar bersama untuk menyalurkan hobi secara bersama, ini akan lebih meng akrabkan dan selalu mengingatkan kalau kita ada. Kita ada dengan profesi kita dan tentunya tidak lupa bahwa bilamana mereka membutuhkan produk atau barang kita , prioritas selalu menjadi milik kita.



0 komentar:

Posting Komentar