Abstraksi
Mengingat
akan pesatnya kemajuan teknologi yang sudah merambah ke semua bidang, serta
pola kehidupan masyarakat indonesia yang sudah relatif maju, dapat dipastikan
bahwa hampir semua orang saat ini sudah memanfaatkan teknologi seluler baik GSM
maupun CDMA serta media intenet yang
sebenarnya hal ini dapat diarahkan untuk menjadi nilai tambah dalam rangka
kemajuan dunia pendidikan.Demikian pula dengan layanan SMS sebagai salah satu
layanan seluler yang paling populer serta paling diminati saat ini, karena
penggunaannya yang relative mudah serta biayanya yang sangat murah dan hampir
semua orang memilikinya maka kali ini kami mencoba memafaatkannaya untuk
memaksimalkan guna dan mamfaatnya.dan mengetahui banyak mahsiswa yang berasal
dari luar daerah hal ini merupakan masalah apalagi seperti para mahasiswa yang
asalnya daerah pelosok yang sangat jarang sekali adanya internet bahakan ada
yang tidak ada internet sama sekali maka ini menjadi pokok masalah yang kami ingin
pecahkan,maka kami meilih Via SMS untuk menjadi solusinya.
Pembahasan
Maksud
dan Tujuan
1.
Meningkatkan
layanan informasi kepada orang tua/ wali mahasiswa
2.
Meningkatkan
citra positif universitas khususnya kepada kepada masyarakat umum
3.
Menyediakan
jasa layanan informasi akademik dan uniersitas kepada orangtua/ wali mahasiswa
melalui media internet (website) dan pesan singkat (SMS) /
SMS kampus
4.
Membantu
memonitor perkembangan prestasi mahasiswa di kampus
5.
Membantu
proses pengawasan tehadap aktifitas mahasiswa di kampus
Manfaat
Manfaat Bagi kampus
1.
Menyajikan
informasi yang dibutuhkan orangtua/ mahsiswa secara up to date dengan biaya
yang murah
2.
Meningkatkan
citra kampus sebagai kmapus yang peduli,transparan, dan maju selangkah dibidang
teknologi.
3.
Mendapatkan
laporan yang komprehensif tentang prestasiakademik mahasiswa, statistik
kehadiran, serta pembayaran SPP yang disajikan dalam bentuk online melalui
media Web dan Laporan SMS.
4.
Mendapatkan
fasilitas peringatan dini kepada wali murid, dengan memberikan data-data
absensi, nilai atau tunggakan yang cepat dan autentik.
5.
memudahkan
universtas mengirimkan pemberitahuan terkait akademik
Mamfaat Bagi Orang Tua
1.
Memudahkan
pemantauan dan pengawasan putraputrinya dimanapun mereka mau.
2.
Mengetahui
perkembangan prestasi mahasiswa di kampus dalam bentuk laporan singkat dalam
bentuk sms.
3.
Memonitor
kehadiran putraputrinya di kampus secara mudah tanpa harus menunggu laporan
dari dosen maupun pada saat pengambilan khs.
4.
Mengetahui
status pembayaran SPP serta biaya lainnya.
5.
Mengetahui
aktifitas serta kegiatan di kampus dalam bentuk laporan kegiatan, kalender
6.
akademik,
pengumuman, dan lain lain yang diakses secara online dan murah melalui media
internet dan sms.
7.
Orang
tua dapat mengakses website kampus kapan saja dan dimana saja.
8.
Orang
tua yang kurang memahami teknologi informasi bisa melalui SMS.
Manfaat
Bagi Mahasiswa
1.
Memudahkan
memperoleh data nilai ujian semester
disertai dengan nilai rata-rata kelas perujian sebagai bahan evaluasi belajar
maupun sebagai informasi hasil kuliah
2.
mahasiswa
dapat melihat nilainya melalui Website atau SMS.
3.
.mahasiswa
dapat meminta nilai remedial melalui Website atau dengan cara SMS
Pieces Frame Work Sim Sekolah Berbasis Web Dan Sms
Problem-solving
framework PIECES digunakan untuk mendefinisikan problems,
opportunities dan directivesyang ada. Setiap huruf dalam PIECES
merepresentasikan sebuah kategori dalam perumusan masalah yang ada, diantaranya
yaitu :
1.
P adalah kebutuhan untuk meningkatkan performance
2.
I adalah kebutuhan untuk meningkatkan informasi dan data
3.
E adalah kebutuhan untuk meningkatkan ekonomi, biaya
kontrolatau meningkatkan keuntungan
4.
C adalah kebutuhan untuk meningkatkan kontrol maupun
keamanan (security).
5.
E adalah kebutuhan untuk meningkatkan efisiensidari
kegiatan setiap orang maupun proses
yang ada
6.
S adalah kebutuhan untuk meningkatkan layanan kepada paran
pelanggan, Suppliers, rekankerja (partners),pegawai (employees),
dan lain sebagainya
Hasil dari analisa
PIECES adalah sebagai berikut.
1.Performance
:
·
Komunikasi
yang kurang mudah untuk kalangan di luar daerah perkotaan antara universitas
dan wali mahasiswa.
·
Laporan
kegiatan belajar mengajar tidak dapat segera dilaporkan dengan efesien.
2.Information
:
Ø Penyampaian informasi dari universitas ke orang tua/wali mahasiswa bisa mudah diakses
namun perlu harus terdapat internet.
Ø Penyampaian informasi
mengenai universitas tersebut belum bisa dilakukan dengan mudah,
sehingga masyarakat harus datang atau punya layanan internet untuk mendapatkan
informasi yang diinginkan
Ø Informasi permintaan pelayanan universitas baik oleh
mahasiswa maupun orang tua/wali murid tidak dapat dilayanai dengan mudah.
3.Economy
:
Ø Selama ini kegiatan kampus untuk menyebarkan informasi
administrasi maupun proses belajar mengajar masih harus ke warnet sehingga
cukup sulit untuk menjalankannya terutama bagi mahasiswa yang rumahnya
pedesaan.
Ø Ketersediaan informasi dan lain lain yang terkait
dengan perkuliahan masih bergantung pada computer yang tak lepas dari internit.
4.Control :
·
Universitas
belum memiliki control yang lebih efektif terhadap mahasiswa dalam proses
adminitrasi maupun belajar mengajar.
5.Efficiency
:
·
Efisiensi
waktu dalam hal administratif universitas dan kegiatan belajar mengajar masih
kurang.
·
Pertukaran
informasi terutama kampus dengan Orang Tua dan mahasiswa belum efisien.
6.Services
:
·
Pelayanan
universitas masih kurang mudah karena harus ke internet hanya untuk melihat
nilai.
Hal tersebut menghasilkan output yang
akan digunakan untuk input Metodologi yang diterapkan adalah Applications
of Sytems Techniques). Metodologi
ini disebut FAST (Framework for the apliction system teqnicues) karena
dapat menghasilkan sistem informasi dengan kualitas yang terbaik dalam waktu
yang dapat diterima. Metode ini juga mendukung RAD (Rapid Application Development) dan
juga mendukung teknik-teknik lainnya yang mencakup sistem analisis terstruktur,
teknik informasi, OOAD (Object Oriented Analysis and Design).Metode
ini juga memiliki kelebihan yakni lebih fleksibel, dapatdisesuaikan dengan
standar dan dapat dikembangkan dengan metode lain yang sedang berkembang,
seperti object oriented. Fase yang digunakan dalam pengerjaan proyek
adalah sebagai berikut :
1.
Preliminary
Investigation Phase
Tahapan
ini bertujuan untuk melakukan wawancara dan survei untuk mengetahui seberapa
besar ruang lingkup proyek yang akan dilaksanakan serta membuat perkiraan biaya
serta jadwal pengembangan proyek.
2.
Problem
Analysis Phase
Tahapan analisa berguna untuk melakukan studi dan analisa
terhadap sistem yang telah ada (system lama).Mengumpulkaninformasi dari sistem
yang telah ada mengenai permasalahannya, Penyebab adanya masalah serta efek
dari permasalahan yang ada.
3.
Requirement
Analysis Phase
Tahapan
ini berfungsi untuk mencari tahu apa saja yang dibutuhkan atau diinginkan oleh
system yang baru.Mengidentifikasi data, proses serta tampilan antarmuka yang
diperlukan untuk sistem baru.
4.
Decision
Analysis Phase
Tahapan
ini bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap beberapa kandidat dari
solusi yang akan diajukan, menganalisa kelayakan kandidat-kandidat tersebut
serta merekomendasikan kandidat yang layak sebagai solusi dari sistem. Kandidat
tersebut dievaluasi dengan criteria technical feasibility, operational
,feasibility, economic feasibility, schedule feasibility,
dan risk feasibility.
5.
Design
Phase
Tahapan
ini berguna untuk melakukan perubahan dari proses bisnis serta requirement
dari tahapan analisa menjadi desain yang dibutuhkan untuk membangun sistem.
6.
Construction
Phase
Tahapan
ini melakukan dua hal yaitu: membuat sistem dan melakukan testing terhadap sistem yang
memenuhi requirement dan spesifikasi desain, serta melakukan penyesuaian
terhadap proses bisnis yang sedang berjalan dengan proses bisnis baru yang
sedang dikembangkan. Bagian akhir dari fase ini adalah pembuatan dokumentasi.
7.
Implementation
Phase
Tahapan
ini melakukan implementasi sistem agar sistem dapat beroperasi serta
perpindahan sistem secara perlahan. Tahapan ini juga mencakup pelatihan
pengguna. Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan aliran tiap-tiap fase
dalam metodologi FAST. Setiap fase memiliki input untuk memproses setiap
kegiatan didalamnya. Kemudian tiap-tiap fase pada fase selanjutnya.
Sumber
Daya Manusia Yang Terlibat
·
Project
Manager,
mengatur penggunaan sumber daya yang ada dalam pengembangan perangkat lunak.
·
Sistem
Analyst,
menganalisa permasalahan, kebutuhan dan keputusan yang dibuat dalam
pengembangan sistem.
·
Database
Designer,mengatur
data-data yang dibutuhkan dalam keputusan, yaitu:
·
Documentator, mendokumentasikan proses pembuatan dan membuat manual dari SIM kampus Berbasis Web
dan SMS.
·
Programmer, mengimplementasikan analisa requirements,
yaitu :
·
Graphics
Desainer,
merancang antar muka pemakai sistem perangkat lunak.
·
Tester, merancang urutan pengujian dan menguji SIM kampus Berbasis Web dan SMS
Layanan
SMS
Adalah
fungsi layanan informasi data akademik yang di sampaikan bentuk SMS, baik
secara otomatis, berdasarkan permintaan (request), maupun sebagai gateway.
Penyampaian informasi dalam bentuk SMS menjamin tersampaikannya data ke orang
tua secara tepat, akurat, online, up to date.
Pesan Sms akan dikirim ke nomor yang terdaftar dengan No Induk
mahasiswa yang bersangkutan, baik nomor HP mahasiswa itu sendiri, nomor HP ayah
maupun nomor HP ibu, sesuai dengan yang terdaftar pada data mahasiswa
Fungsi
SMS Kirim Otomatis (Auto)
Adalah
pengiriman informasi via SMS ke wali mahasiswa secara otomatis berdasarkan data
serta keadaan tertentu, yaitu :
1. Absensi
Sms
Sever akan mengirimkan data rincian jumlah kesalahan absensi siswa dalam satu bulan berjalan secara otomatis
apabila melebihi nilai toleransinya dengan rincian:
Contoh:
Jenis absensi
|
Standar maksimum toleransi
|
Terlambat masuk kelas
|
3x
|
Izin dengan surat keterangan
|
3x
|
Sakit tidak masuk dengan surat dokter
|
3x
|
Tidak masuk tanpa surat keterangan
|
2x
|
Pulang tanpa izin
|
1x
|
Misalnya
Contoh
|
Data
yang akan dikirim lewat sms
|
Pada
tanggal 02-02-2002 Sobur.H terlambat masuk tanpa izin 3x
|
Absensi
Sobur.H:terlambat masuk 3x
|
Pada
tanggal 04-02-2002 Sobur.H terlambat masuk tanpa izin 2x
|
Absensi
Sobur.H:terlambat masuk 2x
|
Begitu juga dengan nilai ijian semuanya bisa dilihat melalui SMS
yang kan memudahkan orang tua mahasiswa untuk mengetahui nilai putra putrinya
sehingga mahasiswa berfikir lagi ketika tiidak ada keinginan untuk masuk
kuliah.
Fungsi
SMS Balas Otomatis (Auto Reply)
Adalah
layanan SMS Gateway yang dapat diakses oleh wali murid, untuk mendapatkan
data-data tertentu dari kampus. Fungsi-ungsi yang tersedia .SMS Server akan
mengirimkan data rincian jumlah absensi siswa dalam 1 (satu) bulan sesuai
bulang yang diminta secara otomatis, dengan rincian seperti absensi di bawah
ini.
Format
SMS yang masuk
|
Contoh
SMS yang masuk
|
Data
SMSyang dikirim
|
<absen><spasi><bulan-tahun>
|
Absen
02-2012
|
Absensi
dina bln feb:06 absen:1x terlambat masuk:2x
|
Begitu juga semua informasi
yang dibutuhkan mahasiswa maupun walinya semuanya dapet dengan mudah dilihat di
handphone.
Proses
indentifikasi data siswa akan di deteksi melalui nomor telepon yang terdaftar
di database. Apabila nomor telepon yang diterima tidak terdaftar di database,
SMS Server akan membalas dengan pesan peringatan standar atau tidak membalas
sama sekali, bergantung konfigurasi yang ditetapkan oleh administrator. JenisJenis
Pesan Standar antara lain
Contoh
NO
|
Keadaan
|
Pesan yang
akan terkirim
|
1
|
Bila nomor
pengguna fungsi auto tidak keluar
|
Maaf nomor
anda tidak terdaftar dalam layanan kami silahkan hubungi UIN Maulana Malik
Ibrohim Malang
|
2
|
Bila format
header tidak dikenal missal:halo,hai dan seterusnya
|
Ketik
<absen><spasi><tnggl>untuk absensi
|
3
|
Bila kata
pertama absen dan kata selanjutnya tidak sesuai
missal:<biaya><spasi><dedi>
|
Ketik
<biaya><bulan-tahun> untuk pembayaran tanggungan
|
4
|
Bila data
absen belom ada di database
|
Data yang
anda minat belom ada silhakan ketik<absen><spasi><tanggal-tahun>
untuk melihayt absen matakuliah
|
5
|
Bila nama
grop dalam fungsi autoforward tidak
dikenal
|
Maaf nama
grop tidak dikenal silshkan hubungi administrator
|
. Biaya SMS Kampus
·
Setiap
mahasiswa akan dikenakan biaya yang sudah termasuk biaya SSP.
·
Biaya ini nantinya akan di kredit (dikurangi)
setiap kali ada pesan SMS yang dikirimkan ke wali murid, yang besarnya
ditentukan oleh kampus dan disesuaikan dengan biaya SMS operator/provider SMS
yang digunakan Misalnya: Jika biaya dari
operator SMS yang digunakan kampus adalah Rp. 100 untuk ke operator yang sama,
maka kampus dapat mengkredit ke deposit siswa sebesar Rp. 125, kelebihan biaya
Rp. 25 dapat digunakan sebagai kompensasi kampus dan pengembang.
Teknis
Layanan SMS
·
kampus
dapat mengaktif/ nonaktifkan Layanan SMS ini kapan saja melalui fasiltas
setting konfigurasi yang disediakan pada aplikasi SMS Server
Cara
kampus agar dapat memiliki layanan SMS ini
Cara
untuk mendapatkan layanan yang sepertikami jelaskan diatas tidak butuh jutaan
uang namun cukup saja bergabung dengan SMS sekolah hal itu karena yang banyak
menggunakan layanan SMS itu kampus kalau kampus jarang bahkan kami tidak pernah
mendengar namun kami merasa itu cukup membantu bagi wali mahasiswa untuk
melihat keaktifan anaknya meskipun sudah terbilang dewasa.namun ada juga yang
buat aplikasi sendiri untuk membuat system yang semacam itu.
Cara
memanfaatkan SMS GATEWAY
·
kampus
mengisi formulir registrasi
·
Membayar
biaya registrasi.
·
Menginstall
program aplikasi pemasukan data dan pencetakan laporan (Kami sediakan)
·
Menerima
pelatihan pemakaian aplikasi pemasukan dan pengiriman data (Bagi Staff TU)
·
Meng
update secara berkala.
Sarana
yang harus disediakan kampus
·
kampus
cukup menyediakan satu atau beberapa komputer yang sudah ada (lihat spesifikasi
minimum)
·
Koneksi
Internet/wifi
·
SIM
Card (kartu selular) sesuai dengan provider/operator yang dipilih Sistem
Operasi Windows dengan lisensi kampus
·
kampus
tidak perlu repot mengelola layanan SMS ini, takut data hilang/ korup. Diserang
nvirus computer dsb. Karena data disimpan pada harddisk local. Dan disimpan
ganda pada Data Center yang terkait.
Cara kamus mengupdate data
·
kampus mengupdate ata secara berkala dengan cara
yang mudah. Data dimasukkan melalui fasilitas entri data yang disediakan pada
layanan web kampus ataupun dengan
menggunakan aplikasi khusus yang sederhana.
·
Setelah data lengkap, staf
TU cukup klik tombol SEND maka data akan terkirim ke Data Center. Pengiriman
data melalui Internet, sehingga kampus diseluruh Indonesia cukup mengeluarkan biaya telephon local (murah)
·
Setelah data diterima Data
Center, maka informasi segera tersedia
bagi orang tua melalui kirim SMS atau Call Center.
Waktu memasukkan data
Ø Update data absensi dilaksanakan setiap hari oleh user yang
ditunjuk oleh Administrator, segera setelah data absensi semua kelas terkumpul.
Data absensi tersebut akan dikirimkan ke wali sesuai ketentuan yang telah
dijelaskan pada bagian layanan SMS
Ø Update data nilai ujian dilaksanakan oleh setiap dosen berdasarkan
jenis mata kuliah yang diajarkan. Data nilai dimasukkan per ruang dan di update
ke database secepatnya.Segera setelah data nilai di update maka system akan
mengirimkan data tersebut ke wali.
Ø Update data pembayaran SPP dilaksanakan mulai dari tanggal yang
ditentukan sampai dengan tanggal tertentu setiap semister, dilakukan oleh user
yang ditunjuk oleh Administrator. Apabila sampai tanggal yang telah ditentukan
data pembayaran belum dimasukkan maka system akan menganggap mahasiswa tersebut
menunggak dan mengirimkan data tunggakkan secara otomatis kepada wali.
Ø Update data dan foto kegiatan, pengumuman dan berita yang ditampilkan
di Web dapat dilaksanakan setiap saat dan ditampilkan secara online.
Keuntungan
Selain keuntungan yang tersebut diatas,
keuntungan-keuntungan lain yang diperoleh kampus adalah sebagai berikut:
Ø Gratis Pelatihan bagi operator/admin
Ø Gratis Pembuatan Homepage Sekolah dan hosting
Ø Gratis Layanan Portal Sekolah untuk membantu SKBM (berbasis
Internet)
Ø Gratis Layanan email bagi setiap murid dan guru
Kesimpulan
Via SMS sebagai salah satu
layanan informasi kepada orang tua/wali di perkuliahan sangat membantu dalam
melakukan kontrol terhadap mahasiswa. Informasi yang diperoleh juga semakin
mudah, cepat dan akurat. Untuk itu kami
berfikir ini sepertinya akan meningkatkan keaktifan mahasiswa dan hal ini
tentulah akan sangat berdampak pada kemajuan mahasiswa utamanya mahasiswa UIN
MAULANA MALIK IBROHIM MALANG.
Daftar pustaka
Sanjaya,A,2005,membaca SMS dari PC ,www.bengkelprogram.com
Sanjaya,A,2005,mengirim SMS dari PC ,www.bengkelprogram.com
Candra ,r,2004,SMS PDU dan AT COMMANDS ,www.neotek.co.id.
Robi'in,
2002, Mengolah Database dengan SQL pada INTERBASE menggunakan Delphi 6.0,
Andi Offset, Yogyakarta
Dethan,
2004, Seri Penuntun Praktis pemrograman Telephony dengan Delphi, P.T
Elex Mediaz Komputindo, Jakarta
0 komentar:
Posting Komentar