Internet Marketing Indonesia January
5th, 2009 by Mufli
Memasarkan barang atau jasa lewat
internet, itulah actually inti dari internet marketing. Scope yang lebih luas
tentu saja mengikuti asal kata bahasa inggrisnya yaitu marketing atau dalam
bahasa Indonesia adalah pemasaran.
Pemasaran adalah sebuah proses dalam
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam
hubungannya dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian
dari konsep pemasaran. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia
yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia
membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka
kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi
kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air
merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol
yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang
juga mudah dibawa. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia
inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product),
penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang
(promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar
ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan
pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama
pihak konsumen yang dituju. (Sumber: id.wikipedia.org).
Kalau dihubungkan dengan media untuk
menyampaikan pesan pemasaran tersebut maka salah satu yang dahsyat adalah
internet. Internet Marketing dapat menjangkau manusia lainnya tanpa batas ruang dan
waktu. Sehingga timbullah istilah pemasaran menggunakan internet, atau Internet
Marketing.
Pemasaran produk lewat internet
berarti harus juga telah tersedia produk atau jasanya untuk konsumen, atau bisa
juga belum tersedia tetapi menimbulkan kebutuhan dan memancing respons akan
kebutuhan kemudian menyediakannya, kemudian menggunakan internet untuk media
komunikasinya. Memenuhi keinginan pelanggan yang semakin selektif dalam
memilih, delivery yang cepat (sebagian digital produk bahkan bisa dilewatkan
langsung pada media internet).
Dalam era sekarang ini bahkan
internet itu sendiri, atau internet marketing itu sendiri juga merupakan produk
yang bisa dijual. Internet marketing adalah juga sebuah industri, bukan hanya
sekedar media pemasaran saja. Seperti sebuah rumah bisa laku dijual, cara
membuat rumah pun (ilmu tentang rumah) juga bisa diperjual-belikan atau merupakan
produk.
Kita kembali pada Cara Memasarkan
Barang Lewat Internet.
Secara sederhana memasarkan produk
lewat internet berarti memajang, menceritakan atau mendeskripsikan produk
tersebut, atau membangkitkan keingginan orang akan produk. Tentu saja caranya bisa
dengan menuliskannya, atau menyertakan audio atau video tentang hal tersebut di
Internet, dalam hal ini adalah di website. Agar pelanggan mengerti tentang
bagaimana membayar, bagaimana produk akan sampai ke rumah mereka, bagaimana
garansi yang mungkin ada, bagaimana layanan purna jual jika tersedia dan
sebagainya perlu disebutkan di website.
Tentunya sebelum menceritakan atau
memasarkan produk lewat internet tersebut Anda sudah harus punya ide terlebih
dahulu. Produk apa yang akan dipasarkan, mungkin juga telah melakukan riset
tentang apa yang dibutuhkan pasar, melihat persaingan yang mungkin,
menganggarkan uang anda untuk pemasaran tersebut dan sabagainya. Jika Anda
telah mempunyai produk sendiri, maka internet marketing juga meliputi kegiatan
tersebut. Sedangkan jika Anda hanya memasarkan saja, artinya memasarkan produk
orang lain dan Anda mendapat komisi maka bidang pekerjaan Anda akan lebih
sempit, fokuslah pada menjual dan membangun relasi pada pembeli atau calon
pembeli.
Ok, kita asumsikan Anda sudah punya
produk untuk dipasarkan lewat internet, dan anda sudah menuangkan produk Anda
di website. Sampai disini, tak satupun orang akan tau apa nama website Anda
kecuali Anda memperkenalkannya. Inilah yang disebut kegiatan promosi di luar
website. Website Anda harus dibuatkan pintu masuknya dari luar, dari website
lain, dari media lain, sehingga orang bisa masuk dan melihat apa yang Anda
jual.
Setelah pelanggan menunjukkan minat
untuk membeli, misalnya dengan membaca, meninggalkan pesan, mengirim email, atau
mengisi form yang Anda sediakan untuk menangkap data mereka maka tugas
berikutnya dalam rangkaian memasarkan produk adalah melakukan Follow-up. Karena
tidak selalu setiap orang yang sudah tertarik untuk membeli sekalipun akan jadi
dan benar-benar membeli. Follow-up yang baik dalam rangka pemasaran produk
lewat internet adalah educational follow-up yang membangun keinginan dan
memberikan tawaran solusi dari kaca mata pelanggan.
Setelah pelanggan benar-benar
memutuskan untuk membeli, mungkin dengan mentransfer dana maka tugas berikutnya
tentulah mengemas dan mengirimkan produk anda jika memang diperlukan demikian
(produk fisik misalnya). Pemasar yang baik adalah juga pemasar yang melakukan
servis purna jual, responsif terhadap keinginan pelanggan dan membangun
hubungan yang berkelanjutan. Dengan demikian Anda lebih berpotensi untuk
menciptakan penjualan berikutnya, baik produk yang sama di waktu yang lain atau
produk-produk baru yang anda kembangkan.
Solusi bagi mereka yang belum punya
produk adalah Affilite Marketing. Anda tetap bisa memasarkan produk-produk
terbaik di internet ini, walaupun Anda belum mempunyai produk milik Anda
sendiri sekalipun, bahkan jalur inilah yang paling banyak dilakukan orang dalam
internet marketing. Untuk lebih jelas tentang hal ini, silahkan baca di Affiliate Marketing.
Itulah secara umum langkah-langkah
yang perlu ditempuh dalam kegiatan memasarkan barang menggunakan internet versi
saya.
Sampai disini, mungkin tulisan saya
belum akan dapat membimbing Anda secara teknis untuk benar-benar dapat
melakukan rangkaian kegiatan tersebut. Belum semua orang bisa membuat website,
belum semua orang bisa melakukan riset pasar, belum semua orang tau cara
berpromosi yang dahsyat, belum juga semua orang tau ribuan celah untuk menjual
produk dan mencari uang di internet yang sebenarnya tersedia dalam jumlah tak
terbatas. Untuk itulah Sekolah Internet Marketing hadir, untuk memberi Anda suatu
solusi belajar yang lengkap, dari awal sampai tuntas. Pemasar Internet atau
Internet Marketer yang sukses hanyalah mereka yang menguasai sampai ke level
DETAIL. Jika Anda ingin belajar seperti itu, simak pengantar saya yang satu ini
tentang>> Belajar Internet Marketing Indonesia Secara
Detail
Best Regards
Mufli
Mufli
0 komentar:
Posting Komentar